Kamis, 11 Agustus 2011

Join dg Harian Terbit 12 Juli 2011

Warung Informasi Haji di Harian Terbit 12 Juli 2011

Buku Baru
“Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia”


 Dalam edisi awal ini diketengahkan buku yang baru saja  diproduksi dan dirbitkan oleh Direktorat Jenderal  Penyelenggaraan  Haji dan Umrah   Kementerian Agama RI. Judulnya “Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia” Buku ini tidak dijual, tapi bisa dipinjam di Perpustakaan Nasional, Jakarta dan Kantor Kementerian Agama Propinsi. Tebal buku 425 Halaman, Dalam prolognya, Ketua Penyusun buku yaitu  Ali Rokhmad mengemukakan bahwa Haji  merupakan ibadah Multidimensi dengan berbagai dinamikanya. Sangat menarik untuk dikaji dan dibahas dalam berbagai perspektif Sebagai ibadah individual dan ibadah sosial, haji  melahirkan keseimbangan  amaliah yang berdimensi habluminallah dan hablumminnanas, dengan berbagai realitas sosial yang mengitarinya.  Terkait dengan itu, buku ini menyajikan 50 (lima puluh) tulisan tokoh, ilmuwan, birokrat, dan pemerhati haji yang dikelompokan dalam lima bab.

Bab Pertama, haji akan dibahas dalam dimensi spiritual, yang di dalamnya membahas ibadah haji sebagai penghambaan  total, dilaksanakan dengan berbekal pengetahuan, sehingga   harapan memperoleh predikat  Haji Mabrur dapat  terrefleksikan dalam kehidupan sosial  dengan jiwa yang bersih  ( tazkiyatun nufus) dan terbangunnya  relasi sosial yang kokoh dilandasi oleh sikap saling mengasihi. Pada Bab Kedua,  Haji ditinjau dari  perspektif dakwah Islam pada Bab Ketiga, haji ditinjau dari sisi profesionalisme manajemen dan ekonominya, yang dalam operasionalnya penyelenggaraan ibadah haji tak terlepas  dari keterkaitan dengan lingkungan. Bab Keempat, dibahas dengan dinamika sosial politik. Sedangkan Bab Kelima  mengupas spirit  haji dalam perdamaian. Tentunya patut disimak, walau buku ini tak dijual. Harian Terbit memperoleh 100 (seratus) buku dari Bagian Sistem  Informasi Haji Terpadu Ditjen PHU Kementerian Agama RI untuk diberikan kepada pembaca.

Bagi pembaca atau Pengurus  Organipsasi/Lembaga pengelola  perhajian yang berminat, dapat mengirimkan surat ke Redaksi dengan menyertakan Foto Copy  KTP,  Insya  Allah akan dilayani  selama persediaan masih ada.  Artikel ini  juga bisa dilihat 24 jam di internet, silakan Klik “Warung Informasi Haji” (Bgs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar